Senin, 30 November 2015

Inggris






a.       Lokasi
Letak astronomi
 v Inggris terletak diantara 50º LU – 60º LU dan 8 BBº – 2º BT.
Letak geografis
v  Utara               : Samudra Atlantik
v  Barat               : Irlandia dan Samudra Atlantik
v  Timur               : Laut Utara
v  Selatan            : Selat English Channel
luas wilayah
v  Luas wilayah Inggris mencapai 244.110 km2 meliputi wilayah England, Scotlandia, Wales, Irlandia Utara, dan sejumlah pulau kecil di sekitarnya


b.      Keadaan Alam
v  Dilihat dari reliefnya, wilayah Inggris terbagi menjadi dua bagian, yaitu swilayah yang bergunung-gunung di bagian utara dan dataran rendah di timur dan selatan. Perbedaan relief ini menunjukkan adanya perbedaan usia batuan. Batuan berusia lebih tua berada di barat dan utara, sedangkan batuan yang lebih muda berada di timur dan selatan..
v  Inggris memiliki iklim sejuk dan basah. Hampir sepanjang tahun suhu udaranya berada di bawah titik beku. Namun, iklim setiap wilayah di Inggris cukup beragam. Hal ini terjadi karena adanya keragaman relief, garis lintang, dan garis bujur. Daerah pesisir barat cenderung sejuk dan basah dibandingkan dengan pesisir timur karena pengaruh dari Arus Atlantik Utara yang bergerak ke arah timur melewati pesisir barat. Selain itu, juga dipengaruhi oleh pusat tekanan tinggi Azores, yaitu massa udara tropis di Afrika Barat.
v  Keadaan flora dan fauna menunjukkan perubahan akibat adanya aktivitas manusia membabat hutan alami untuk kepentingan pertanian dan industri. Hutan pinus berada di daerah pegunungan. Pohon ek dan elm banyak dijumpai pada dataran rendah yang berlempung di Daerah Wales. Selain itu, ditemukan tanaman horse chestnut, spruce norwegia, larch Jepang, dan fir douglas. 
v  Fauna di Inggris banyak yang telah punah pada masa glasial. Beberapa fauna karnivora seperti beruang dan serigala telah punah akibat ulah manusia. Fauna yang masih banyak dijumpai adalah rusa merah scoltlandia. Selain itu, terdapat juga sekitar 400 burung termasuk rajawali emas dari Scotlandia dan belibis merah yang khas dari Inggris.

    
 

c.       Sumber Daya Alam
v  Lahan pertanian di Inggris tidak begitu subur. Hanya sebagian kecil lahan yang subur untuk pertanian, sisanya berupa tanah gersang. Inggris memiliki kemampuan untuk mengolah lahan secara efektif sehingga mampu memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negerinya. Komoditas yang ditanam adalah padi-padian, bit, gula, barley (barli), kentang, buah-buahan, dan sayuran. Inggris juga mengembangkan peternakan sapi, domba, babi, ayam, d.l.l. Hutan di Inggris meliputi sekitar 10% dari luas wilayahnya. Sebagian besar terdapat di dataran tinggi yang ditumbuhi larch, spruce, cemara dan pohon lain yang bernilai komersial.
v  Inggris dikenal sebagai penghasil ikan yang cukup besar. Ikan hasil tangkapannya terdiri atas ikan haring dan kod. SDA lainnya yang dimiliki Inggris adalah hasil pertambangan. Batu bara merupakan hasil tambang yang banyak ditemukan. Selain batu bara, Inggris juga memiliki berbagai jenis mineral lain diantaranya timah putih, tembaga, dan mangan.

d.      Keadaan Sosial Ekonomi
v  Tahun 2013, penduduk Inggris mencapai 64,1 juta jiwa. Angka pertumbuhan penduduknya hanya 0,4% atau tergolong rendah. Sebagian besar, mereka tinggal di daerah perkotaan yang mencapai 80% dari jumlah penduduknya. Sementara itu daerah bagian utara penduduknya jarang.
v  Penduduk Inggris terdiri atas orang Inggris dan penduduk pendatang dari Asia dan Afrika. Orang Inggris sendiri terbagi atas bangsa Kelt (mencakup orang Skot, Irlandia, dan Welsh) dan bangsa Jerman (mencakup orang Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman). Bahasa resmi penduduk Inggris adalah bahasa Inggris. Sebagian besar (86,9%) penduduknya beragama Kristen. Sisanya pemeluk agama Islam, Yahudi, Hindu, dan Sikh serta yang tidak beragama (ateis)

e.       Hubungan dengan Indonesia
Hubungan Indonesia-Inggris terjadi ketika para pelaut Inggris datang mencari rempah-rempah dan hasil bumi lainnya ke Indonesia. Belanda dengan VOC-nya telah lebih dahulu menguasai perdagangan di Indonesia. Inggris tetap masih dapat menguasai Malaysia, Singapura, dan Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar